Aset Negara Sistem Suara

“Illegal Sound” dari Aset Negara Sistem Suara

Karena sistem yang baik hanyalah sistem suara.

Perkenalkan: Aset Negara Sistem Suara. Ini adalah duo asal Jakarta yang berisikan Jenggo (Sing Jay, Toasting) dan Boriez Got Soul (Riddim).

Terbentuk pada tahun 2019, Aset Negara memainkan musik reggae klasik dari era 60’s- 80’s dengan kombinasi Dub dalam format Sound System.

Buat yang belum familiar, format sound system di sini mengacu kepada gaya bermusik kultur asli Jamaika yang lahir pada akhir ’50-an dan berkembang ke dalam industri rekaman di era ’70-an di mana seorang Deejay membuat musik atau riddim kemudian diisi dengan gaya bernyanyi yang disebut toasting atau singjay.

Aset Negara

Setelah merilis single pertama “Reggae Foreplay” pada Maret 2020 dan single kedua “Inna Ghetto” di April 2020 lalu dalam format digital, akhirnya di April 2021 ini Aset Negara merilis debut EP yang bernama “Illegal Sound” secara fisik dalam format kaset, di bawah label asal Jakarta, Pitahitam Records.

EP ini berisikan 5 lagu dengan kombinasi klasik reggae/dub dengan variasi beat mulai dari Early Reggae, Stepper, Rockers dan Burru Rhtyhm dihadirkan dengan sound yang terdengar original dengan sedikit sentuhan modernisasi.

Di side B kaset tersebut, mereka menghadirkan bonus track berjudul “Lakka Wi (Real Rock Riddim)” memakai sebuah riddim reggae klasik Jamaica milik Sound Dimensions yang dirilis pada tahun 1968.

Aset Negara juga bekerjasama dengan Wondersoul Jakarta, sebuah brand lokal yang secara indentifikasi fashion dan image related dengan kultur Jamaican Musik, Soul, dan Sound System, serta menawarkan beberapa pilihan bundling paket istimewa untuk rilisan EP Illegal Sound.

Debut EP Illegal Sound dirilis secara official pada tanggal 30 April 2021.

More Stories
“Lamunan Senja” dari Hello Benji and the Cobra