Sounds Project
ICAD 12

ICAD 12: “Fragmenting Yesterday, Reshaping Tomorrow”

Eksplorasi dunia desain dan seni pasca pandemi.

Indonesian Contemporary Art and Design 12 kembali diselenggarakan tahun ini melalui tema “Fragmenting Yesterday, Reshaping Tomorrow. Tema ini diambil bertujuan memahami proses perkembangan masyarakat sambil menelusuri relasi antara masa lalu dan masa depan.

Topik ini memang tidak dapat dipisahkan dari pandemi sebagai memori kolektif yang telah memengaruhi kita semua.

Untuk yang belum tau, Indonesian Contemporary Art and Design (ICAD) merupakan pameran pertama dan satu-satunya yang menginisiasi kolaborasi industri desain, seni, teknologi, hiburan, dan perhotelan; melibatkan desainer interior, desainer grafis, fotografer, videografer, scenographers, pelukis, pematung, sutradara film, dan banyak kreator lainnya.

ICAD diadakan setiap tahun untuk mengeksplorasi kekayaan kearifan lokal Indonesia secara kontemporer. Diselenggarakan pertama kali pada tahun 2009, ICAD telah menjadi pameran berskala besar yang mempromosikan desain dan seni kontemporer di Indonesia. Diselenggarakan selama 8 minggu, disertai dengan berbagai acara pendamping (fringe events), konvensi, lokakarya, dan pemutaran film.

59 pelaku kreatif multidisipliner

ICAD 12 akan menampilkan 59 pelaku kreatif multidisipliner yang menggabungkan perupa kontemporer senior, kreator muda, kolektif atau komunitas yang bergerak di berbagai bidang; seni, desain, musik, budaya, dan material baru.

Karya-karya mereka akan terbagi dalam 5 kategori, yaitu Special Appearance, In Focus, Featured, Open Submission, dan Collaboration. Di kategori Open Submission, terdapat 3 seniman internasional yang berpartisipasi, berasal dari Prancis, Inggris, dan Rusia.

Pameran utama ICAD akan kembali berlangsung di grandkemang Hotel, Jakarta Selatan, dan dibuka untuk publik mulai tanggal 20 Oktober hingga 27 November 2022. Pameran ini tidak dipungut biaya namun sebelumnya pengunjung harus melakukan registrasi kedatangan di website resmi ICAD www.arturaicad.com.

Talkshow dan workshop

Selain pameran, ICAD 12 juga menghadirkan 8 sesi program talkshow, workshop, dan masterclass, yang berkolaborasi dengan pelaku kreatif, asosiasi, dan pusat kebudayaan asing. Beberapa mitra ICAD dalam program tahun ini adalah Koalisi Seni, MPA (Motion Picture Association), dan Ganara Art, lembaga pendidikan seni dan budaya yang fokus pada manajemen seni dan kurikulum kreatif.

Kemang 12730, acara distrik pertama di Indonesia yang diinisiasi oleh ICAD sejak tahun 2021 juga akan kembali hadir tahun ini. Melalui festival berbasis kawasan ini, ICAD mengenalkan kembali area Kemang, Jakarta Selatan sebagai kawasan desain dan seni di Jakarta. Lebih dari 50 venue di wilayah Kemang, akan berpartisipasi dengan berbagai program menarik, seperti pameran, workshop, menampilkan menu khusus, peluncuran produk, diskon spesial, dan weekend market yang bisa dikunjungi oleh publik.

ICAD 12

Melalui konsistensi dan perjalanan panjang yang penuh dengan ide, rasa, dan pertukaran, ICAD pun terus mengembangkan mitra-mitranya, salah satunya dengan mulai menggandeng mitra komunitas di luar desain dan seni.

Dengan terus menginspirasi dan memfasilitasi desainer, seniman, dan praktisi ekonomi kreatif lainnya di tanah air, ICAD berharap dapat menjadi platform terdepan dalam mempertemukan desain dengan seni dan disiplin ilmu lainnya.

ICAD menyadari pentingnya menjaga sinergi antara praktisi kreatif, komunitas, industri, pusat pendidikan, serta pemerintah, dalam membangun dan memelihara ekosistem ekonomi kreatif di Indonesia.

Tahun ini, ICAD terpilih sebagai 5 besar agenda resmi Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

 

More Stories
Raisa X Kamengski