Sillas

Senandung Indie Pop Berlisan Jazirah Arab dari Sillas

Sillas merilis maxi singles, Mamlaka, di bawah naungan Anoa Records.

Band indie pop asal Cirebon, Sillas, merilis maxi singles bertajuk “Mamlaka”. Dirilis oleh Anoa Records, rilisan ini berisikan dua lagu dalam Bahasa Arab, yang  berjudul “Hadza Huwal Hubbu” dan “Mamlaka”.

Penulisan lirik dalam Bahasa Arab ini diakui mereka bukanlah sekadar gimmick, tetapi memang bentuk eksperimen mereka, yang terbersit dari vokalis mereka yang memang keturunan Arab, Zaim. Metode penulisannya juga dikatakan berdasarkan penglihatan dari Zaim langsung, sehingga akan lebih objektif.

Zaim mengakui kalau pendangan orang kepada keturunan Arab yang selalu dianggap sebagai kaum yang religius dan lekat dikaitkan dengan ritual dan hubungannya dengan Tuhan, seringkali membebani dia dalam bersikap.

“Terlebih, saya datang dari keluarga yang mungkin cukup jauh dari stigma keturunan Arab di Indonesia. Kami termasuk keluarga moderat dan inklusif. Keluarga dan orang tua Zaim saya senang untuk berbaur dengan siapa saja, baik itu berbeda agama/kepercayaan, strata ekonomi, pandangan politik, dan profesi. Selama tujuannya sama, yaitu menjadi manusia yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain,” ujarnya.

Mamlaka - Sillas

Balik ke lagu, kedua single yang dirilis ini menawarkan perbedaan warna musik dan cerita. Satu track tentang cinta seorang ayah/pria dan satunya lagi tentang berbahayanya pengkhianatan orang terdekat.

Sementara untuk musiknya, percampuran antara delay, reverb, dan bahasa Arab mereka katakan memiliki karakter tersendiri yang dirasa pas.

“Aransemen sama lirik Arab malah makin manis sih menurut saya,” ujar Zaim sambal tertawa.

Selain dua lagu berbahasa Arab, Sillas sudah memiliki 8 materi lain dalam Bahasa Indonesia dan Inggris yang disiapkan menuju album mereka.

Buat yang belum kenal, Sillas adalah Zaimmuddin Mukarrom (vokal, gitar), Obeth (gitar), Dani (drum), dan Athar (bass).

More Stories
Alternative Hip-Hop dari Svmmerdose